Pengertian Populasi dalam Ilmu Statistik

Pengertian Populasi Dalam Ilmu Statistik

Posted on 11 October 2011.

populasi pendudukPara sahabat artikel pasti sering kali menyebutkata populasi dalam kehidupan sehari-hari akan tetapi apakah kita memahami betul apa sih pengertian dari populasi. Untuk kali ini saya akan memberikan pengertian populasi secara singkatyang mungkin bisa menjadi bahan referensi para sahabat artikel dalam menyelesaikan tugas kulia atau sedang melakukan penelitian tentang populasi.

 

Populasi adalah seluruh objek yang mungkin terpilih atau keseluruhan ciri yang dipelajari. Ukuran populasi dapat terhingga (countable) atau tak terhingga (uncountable). Populasi terhingga dapat diukur, tetapi dapat bernilai sangat besar yang dapat dikategorikan tak terhingga secara hitungan dan secara teoritis. Populasi yang mencakup seluruh mur dan baut yang diproduksi dalam suatu hari l meskipun banyak, tetapi masih tergolong terhingga, namun populasi yang terdiri dari seluruh kemungkinan keluaran (gambar atau angka) dalam pelemparan yang berturut-turut tanpa henti dari sebuah koin tergolong tak terhingga.

 

Bila kita bicara sesuatu yang berhubungan dengan nasabah penabung sebuah bank maka yang menjadi anggota populasinya adalah seluruh nasabah penabung bank tersebut tanpa kecuali. Bila kita bicara pengeluaran untuk konsumsi bulanan keluarga di Kecamatan Jetis maka yang menjadi anggotanya adalah seluruh keluarga yang berada di wilayah kecamatan Jetis  tersebut, sedangkan jika kita bicara sesuatu yang berhubungan dengan penduduk Indonesia maka setiap penduduk merupakan anggota dari populasi. Jadi, sudah jelas bahwa ukuran populasi juga dapat terhingga ataupun tak terhingga (terlalu besar dalam hitungan).

 

Seperti itulah pengertian dari populasi mungkian para sahabat artikel sudah mengerti pengertian populasi secara singkat , tinggal seperti apa mengembangkannya menjadi sebuah makalah yang utuh dalam tugas para sahabat artikel. Akan tetapi jika belum puas dengen pengertian di atas maka saya sarankan untuk membaca bukunya langsung. Karena di dalam buku tersebut akan lebih lengkap seperti cara menghitung populasi dan sebagainya.

 

Demikian dulu ya artikel kali ini semoga sangat bermanfaat jika ada pertanyaan atau apa saja yang menyulitkan kalian silakan komen atau beri komentar saja. Terima kasih

 

 

 

Referensi : Dasar-dasar Metode Statistik Oleh  Sigit Nugroho, Ph,D

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s