Statistika Go Field

Gambaran Umum Kegiatan Statistic Go Field

Tema               : “Ayo Bangun Karakter Anak Bangsa”

Tanggal           : 6 Mei -27 Mei 2012

Sasaran           : Siswa-Siswi kelas 2 SD


Minggu 1 (6 Mei 2012)

–          Pembukaan (Sambutan, Pengenalan Acara)

–          DRAMA singkat mengenai pendidikan karakter

–          Pre Test wawancara mengenai karakter siswa kelas 2 SD

–          Games Perkenalan

–          Penutupan

 

Minggu 2 (13 Mei 2012)

Acara   : Membuat pos-pos yang berkaitan dengan karakter-karakter yang muncul pada drama yang telah disajikan di minggu pertama.  Setiap pos – pos menjelaskan mengenai pengertian karakter-karakter dengan bahasa yang mudah diterima anak-anak siswa kelas 2 SD, memberikan ilustrasi penerapan karakter-karakter serta memberikan studi kasus mengenai karakter-karakter yang berkaitan.

Pos-Pos :

1. Berbagi

2. Kerjasama

3. Minta Maaf

4.  Kejujuran

5. Tanggung Jawab

 

Minggu 3 (20 Mei 2012)

Acara   : Memberikan games-games terkait dengan karakter-karakter yang telah disampaikan pada minggu sebelumnya dengan mengemasnya dengan cara yang menarik

Games :

1. Games Ular Tangga
Tujuan  :  Melihat sejauh mana siswa-siswa kelas 2 SD menerapkan materi ‘minta maaf’, ‘berbagi’, ‘kejujuran’ yang telah diberikan pada minggu sebelumnya.

2.  Gobak Sodor
Tujuan :  Melihat sejauh mana perkembangan karakter ‘kerjasama’ yang mereka bentuk setelah pemberian materi pada minggu sebelumnya.

3. Boneka Horta
Tujuan  : Melihat sejauh mana perkembangan karakter ‘tanggung jawab’ yang mereka terapkan setelah pemberian materi pada minggu ke dua

Minggu 4 (27 Mei 2012)

1. Membuat Tempat Sampah
Tujuan : Menciptakan karakter peduli kepada anak-anak kelas 2 SD, melihat sejauh mana penerapan karakter ‘kerjasama’ yang telah diberikan berkembang dalam diri siswa-siswa kelas 2 SD, melatih kreatifitas siswa-siswa kelas 2 SD.

2. Time Kapsul
Acara : Memberikan pengarahan tentang mimpi kepada siswa-siswa kelas 2 SD sehingga mereka termotivasi untuk menentukan serta mengembangkan mimpi mereka dan memberikan kenang-kenangan kepada siswa-siswa kelas 2 SD .

3. Post Test (Wawancara)

4. Penutupan

 

NB : Masih memungkinkan adanya perubahan kegiatan

Leave a comment