Statistika Ekonomi

 Sumber : http://jurusanakuntansi.wordpress.com/2009/09/16/statistika-ekonomi/

 Ditulis oleh Robby

Statistika telah berjasa besar terhadap perkembangan kehidupan ekonomi dan keuangan. Statistika telah mewarnai ilmu keuangan ekonomi sejak Jan Tinbergen (1937) memperkenalkan ekonomi statistik. Tinbergen mempergunakan statistika untuk melihat siklus bisnis dan pengaruh kebijakan ekonomi terhadap perekonomian nasional. Tinbergen akhirnya dikenal sebagai Bapak Ekonometrika yang memelopori bagaimana menghitung hubungan kuantitatif antara dua variable atau lebih. Model ekonomi statistik ini sekarang dikenal dengan analisa regresi dan korelasi.

Penemuan Tinbergen juga membantu mengetahui bagaimana siklus bisnis perusahaan berjalan, bahkan peramalan produksi, pemasaran, dan efisiensi faktor produksi dapat dikaji dengan lebih mendetail.

John Hicks (1904-1989) guru besar Oxford niversity, juga memberikan sumbangan besar bagi analisis ekonomi kontemporer dengan pendekatan matematika statistik. Selain mengkaji keseimbangan IS-LM, Hicks juga mengkaji hubungan struktur suku bunga. Menurut Hicks ada banyak suku bunga. Sebagai contoh, ada suku bunga kartu kredit yang mempunyai bunga yang lebih tinggi dari suku bunga bank, suku bunga pegadaian juga lebih tinggi dari suku bunga bank, suku bunga pinjaman juga lebih tinggi dari suku bunga tabungan dan sebagainya.

Melalui kajian matematika statistik, Hicks berhasil membangun kurva hasil yang menghubungkan antara time of maturity dan interest rates. Kurva ini dapat menjelaskan dengan baik bahwa terjadinya perbedaan suku bunga diakibatkan  oleh adanya resiko dan lama pinjaman. Besarnya kartu kredit juga disebebkan oleh besarnya faktor resiko, misalnya nasabah tidak mau membayar.

 

Pengertian dan Penggunaan Statistika

Statistika adalah ilmu mengumpulkan, menata, menyajikan, menganalisis, dan menginterpretasikan data menjadi informasi untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif.

Istilah statistika mempunyai makna berbeda dengan statistik. Istilah statistik dapat diartikan sebagai suatu kumpulan angka yang tersusun lebih dari satu angka.

Statistika dipergunakan dalam pemasaran, akuntansi, manajemen, pengawasan mutu, melihat kepuasan pelanggan dan sebagainya. Berikut beberapa pihak yang berkepentingan dengan statistika terkait dengan bidang bisnis, manajemen, akuntansi dan keuangan.

1. Manajemen

  • Penentuan struktur gaji, pesangon, dan tunjangan karyawan
  • Evaluasi produktivitas karyawan.
  • Evaluasi kinerja perusahaan.

2. Akuntansi

  • Penentuan standar audit barang dan jasa.
  • Penentuan depresiasi dan apresiasi barang dan jasa.
  • Analisis rasio keuangan perusahaan.

3. Keuangan

  • Potensi peluang kenaikan dan penurunan harga saham, suku bunga dan reksa dana.
  • Tingkat pengembalian investasi beberapa sektor ekonomi.
  • Analisis pertumbuhan laba, cadangan usaha.
  • Analisis resiko setiap usaha.

 

Jenis-Jenis Statistika

Statistika dibagi menjadi dua jenis yaitu statistika deskriptif dan statistika induktif atau inferensia.

Statistika deskriptif adalah metode statistika yang digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan menjadi sebuah informasi. Statistika deskriptif mempunyai kegiatan mulai dari pengumpulan data, mengolah, dan penyajian data yang berbentuk tabel, diagram, ukuran dan gambar.

Statistika deskriptif menguraikan apa yang terjadi tanpa menarik sebuah kesimpulan.

Contoh :

1. Statistika deskriptif dalam bentuk uraian.

Menurut PT Jasa Marga, jumlah kecelakaan pada tahun 2002 mencapai 225 dengan jumlah kematian 72 orang.

2. Statistika deskriptif dalam bentuk diagram

 

Statistika induktif adalah metode yang digunakan untuk mengetahui tentang sebuah populasi berdasarkan suatu sample atau contoh dengan menganalisis dan menginterprestasikan data menjadi sebuah kesimpulan.

Perhatian statistika induktif adalah mengetahui data dari suatu populasi berdasarkan suatu sample yang ditarik dari populasi tersebut.

Contoh :

Pedagang jeruk mengatakan bahwa jeruknya manis. Untuk membuktikan bahwa jeruknya manis Anda dipersilahkan mencoba 1 buah. Setelah mencoba 1 buah ternyata jeruknya manis, dan Anda membeli 1 kg yang berisi 9 buah. Anda yakin bahwa 9 jeruk yang Anda beli manis, hanya dengan mencoba 1 buah.

Dari contoh diatas yang dapat disimpulkan adalah.

  • Data merupakan fakta yang dapat dipercaya kebenarannya.
  • Populasi adalah keseluruhan fakta dari hal yang diteliti.
  • Sample adalah bagian dari semua fakta yang dianggap dapat mewakili seluruhnya.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s